•  
  • Welcome to Mawar Skin Care By dr.Myrna Official Website
Kamis, 02 Februari 2012 - 16:38:45 WIB
Langsing dan Awet Muda dengan Jeruk Nipis
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Tips Kecantikan - Dibaca: 13055 kali

Klinik Kecantikan dr.Myrna - Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) selama ini digunakan sebagai penyedap masakan seperti berbagai jenis soto, pecel ayam, ayam goreng dan lain-lain. Rasanya sedikit asam dan agak pahit. Tetapi jika soto tanpa jeruk nipis, maka rasanya akan kurang. Jeruk nipis juga digunakan untuk menghilangkan bau amis dan minyak, sehingga biasanya dicampurkan pada sabun saat mencuci piring.

Buah berbentuk bulat kecil, berwarna hijau atau kuning ini kaya vitamin C dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya. Jeruk nipis juga mengandung zat besi, fosfor, sulfur, kalsium, mineral, karbohidrat, asam sitrun, glikosida, minyak atsiri, asam amino (lisin, triptofan) dan asam sitrat.

Pelangsingan. Jeruk nipis dapat membantu proses pengosongan lambung, karena jeruk mengandung polisakarida non-pati, yang disebut sebagai serat makanan. Dengan demikian, jeruk dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan sulfur atau belerang pada jeruk nipis, membuat jeruk ini bersifat membunuh bakteri, bersifat astringent sehingga bisa mengecilkan pori-pori, serta antiinflamasinya sangat kuat. Di dalam tubuh (usus), astringent ini akan mengecilkan pori-pori atau fili-fili di dalam usus. Misalnya jika seseorang makan karbohidrat, maka tidak hanya dicerna di mulut. Karbohidrat masuk ke lambung, lalu masuk ke usus. Setelah itu terus dicerna hingga usus 12 jari memecah karbohidrat menjadi dua ikatan, baru kemudian masuk usus halus. Di usus halus inilah, astringent dari jeruk nipis ini akan membuat fili-fili atau pori-pori mengkerut atau mengecil sehingga penyerapan makanan menjadi lebih sedikit, serta mempersingkat perjalanan makanan menjadi feses.

Sementara kandungan saponin pada jeruk nipis bisa membersihkan yang didalam tubuh akan bekerja seperti lipase atau empedu. Seperti halnya cara kerja menghancurkan lemak saat mencuci piring dengan jeruk nipis, didalam tubuh pun kandungan saponin ini akan mengecilkan lemak. Jeruk nipis memiliki efek detoksifikasi atau melarutkan zat-zat racun yang memang harus dikeluarkan melalui saluran pencernaan sehingga buang besarnya lancar atau melalui ginjal. Jeruk nipis juga berfungsi sebagai zat pelarut, menyeimbangkan tekanan darah serta mengatur suhu.

Konsumsi. Untuk melangsingkan tubuh, ambil 1-3 buah jeruk nipis (tergantung kebutuhan, kekuatan tubuh dan taste Anda) dan jeruk nipis di belah dua dan diperas. Lalu ditambah segelas air putih (200cc, ukuran gelas belimbing). Air yang digunakan adalah air hangat atau air dingin, tergantung selera. Namun, air dingin lebih dianjurkan karena lebih awet kandungan vitamin C nya dan menyegarkan.

Setelah diperas dan dicampur aer putih, sebaiknya langsung diminum. Pasalnya, kandungan vitamin c pada jeruk mudah teroksidasi atau menguap. Jika sudah menguap tentu saja kandungan vitamin C nya akan berkurang. Jika belum terbiasa saat tahap awal sebaiknya hanya ambil satu jeruk nipis dicampur air. Atau campurkan 1 sdm madu atau 1 sdt gula agar perut lebih dahulu beradaptasi. Jika Anda merasa sudah kuat, maka bisa minum campuran jeruk nipis dan air tanpa madu dan gula.

Jeruk nipis di campur air dikonsumsi setiap pagi, setengah jam sebelum makan. Jika merasa kuat, campuran ini bisa di minum 2x sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Satu jam sebelum tidur sebaiknya minum segelas jeruk nipis atau jeruk lemon yang ditambah teh hijau. Jeruk nipis dicampur air bisa diminum setiap hari, pada pagi hari. Tetapi sebaiknya dalam seminggu diberi jeda satu hari. Jeda waktu ini dilakukan agar tubuh dapat merangsang dan meningkatkan antibodi, serta sebagai imun tubuh. Selama menjalani terapi jeruk nipis dicampur segelas air, sebaiknya Anda juga memperbanyak minum air putih agar lemak lebih cepat luruh. Sementara untuk kebutuhan serat makanan bagi tubuh, Anda dapat mengkonsumsi satu buah jeruk per hari. Tiap buah jeruk ukuran sedang memiliki kandungan serat makanan sekitar 3.0 kg. Semakin asam, maka semakin banyak kandungan vitamin C-nya.

Awet muda. Untuk kecantikan, jeruk nipis digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan. Beberapa produk bahkan mencantmkan jeruk nipis sebagai bahan dasar produknya. Kandungan vitamin C dan flavonoid (antioksidan) pada jeruk nipis juga bermanfaat untuk kulit. Kandungan vitamin C ini dapat membantu merevitalisasikan sel-sel kulit, mengembalikan dan memperbaharui sel, serta menguatkan pembuluh darah.

Dengan minum jeruk nipis yang dicampur dengan air putih akan memberikan kulit hidrasi atau cukup cairan sehingga kulit tampak lebih segar dan lebih lembab. Sebaliknya kekurangan air akan mempengaruhi sisi kognitif dan emosional, sehingga Anda akan merasa tidak mood.

Jika kulit wajah diolesi jeruk nipis, bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit, mengurangi minyak pada kulit, mengecilkan poro-pori, membantu mengobati jerawat, menyamarkan noda hitam atau vlek hitam, serta meremajakan kulit. Untuk fungsi kecantikan, dimana agar wajah awet mudah dan cantik, gunakan jeruk nipis dengan cara dibelah dua bagian. Kemudian daging jeruk nipis diusapkan ke kulit wajah, hidung dan pipi yang berpori-pori besar serta bagian wajah yang kasar dan kusam. Juruk nipis didiamkan pada wajah selama setengah jam atau menunggu hingga kering.

Air perasan jeruk nipis ini dapat mengurangi minyak pada wajah. Sedangkan kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika jerawat hilang dan kadar minyak berkurang, maka wajah akan terlihat lebih cerah dan awet muda. Penggunaan masker jeruk nipis untuk wajah tidak dianjurkan terlalu sering,terutama bagi mereka yang kulitnya mudah iritasi. Jadi seminggu cukup 2-3 kali saja. Pada beberapa orang penggunaan jeruk nipis yang dioleskan pada wajah bisa menempelkan rasa nyeri.

 

Info Kecantikan - Solusi Cantik Wanita Modern



3 Komentar :

ratih lestari
09 Juni 2012 - 20:29:19 WIB

kalo lgi menyusui, mnum jerk nipis setiap hari bsa berpegaruh tidak pada bayi?
shinta dewi larasaty
03 Juli 2012 - 17:20:09 WIB

kalo info tentang injeksi vitamin C/ atau pemutih kulit ada gak ???
novie canggang
03 Juli 2012 - 21:42:51 WIB

kalau diusapkan pada wajah terasa nyeri dan pedih apakah masih dianjurkan pemakaian berlangsung?
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)