•  
  • Welcome to Mawar Skin Care By dr.Myrna Official Website
Minggu, 20 Mei 2012 - 13:09:47 WIB
Kulit Wajah Kering dan Kasar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Tanya Jawab - Dibaca: 3885 kali

Tanya:

Dear Dokter. Nama saya Kirana, usia 25 tahun. Saya mempunyai keluhan, yaitu kulit wajah saya kering kemerahan, kasar, dan mengelupas bila digaruk. Tapi, itu terjadi hanya di sekitar pipi, di bawah mata, dan dekat hidung.

Saya sudah menggunakan pelembab setiap malam. Tapi, jika saya tidak menggunakan pelembab pada malam hari, paginya kulit saya kembali jadi kering, kemerahan dan mengelupas. Selama ini, saya bekerja sampai sembilan jam di ruangan ber AC. Apakah itu yang mempengaruhi kondisi kulit saya? Mohon penjelasannya Dokter. Terima Kasih sebelumnya.

Kirana - Surabaya

Jawab:

Mbak Kirana, kulit kering, kemerahan, dan mengelupas bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti yang Mbak utarakan bahwa Mbak bekerja selam sembilan jam di ruang ber AC, itu juga dapat berpengaruh. Dalam beberapa hasil penelitian tentang ruangan ber AC terhadap perkembangan mikroba, ternyata jamur dapat tumbuh baik, diikuti dengan bakteri. Ruangan dengan tingkat kelembapan rendah menjadi media yang baik bagi pertumbuhan jamur. Dampak terhadap kesehatan yang paling banyak dikeluhkan antara lain iritasi kulit (75,28 persen), diikuti iritasi mata, hidung, tenggorokan terasa kering, dan lain-lain.

Gejala dan tanda kulit yang teriritasi karena infeksi jamur adalah timbulnya rasa gatal dan kemerahan pada kulit, terutama pada area yang kaya akan kelenjar minyak, seperti wajah (alis mata, pipi, sekitar hidung dan belakang telinga), badan dan punggung. Biasanya akan muncul sisik halus pada kulit. Tetapi saya sarankan pada Mbak untuk memeriksakan diri dulu ke dokter spesialis kulit terdekat untuk memastikan apakah betul yang Mbak alami adalah suatu infeksi jamur (seboroeic dermatitis) atau bukan. Untuk penanganannya, sebaiknya menghindari pemakaian pelembab dengan bahan dasar minyak, karena justru akan membuat jamur tumbuh subur.

Biasanya, jika didiagnosis seboroik dermatitis sudah pasti, terapi yang diberikan dapat berupa salep antijamur, dikombinasikan dengan antiradang. Demikian jawaban saya, semoga dapat menjadi pertimbangan bagi Mbak untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat.

Cantiq



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)